Senin, 22 Oktober 2012

MENUJU KE PINTU TAUBAT



Assalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarrokatuhu

Alhamdullilahinasta’inuhu wanastaghfiruhu wana’udubillahiiminsururi anfusinaa waminsayyiaati aghmalinaaman yahdillahu fala mudzillalahu waman yudhlilfalaa haa dialahu. Ashadu anlaailahaillaallahu wahdahulaasyariikalahu. Waashaduanna muhammadaan ‘abduhuwarosuuluhu arsalahu biikhaqqi basyiiroon. Wanadiiroon baynayadaissaa’ati. Man yuthi’illaaha warasuulahufaqadrosyada waman ya’sihimaa fainnahulaa yadzurruillanafsahu. Wa laa yadzurrullahu syay aan allaahumma sholli wasallim ‘ala sayyidinaa muhammadin wa’ala aalihi wa ash khaa bihi wamantabi’ahum bii ikhsaanin waqtafa. Ammaa ba’du ma’aa syiramusmiin rokhimakumullahu ittaquullaaha khaqqo tuqootihi walaatamuutunnaillaa wa antummuslimuuna.
Hadirin kaum jum’atan yang  sedang berbahagia
Dalam kesempatan ini, mari kita bersama menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT dengan menjalani perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya. Karena ketaqwaan kita dapat memudahkan kita untuk masuk ke surga.
Selanjutnya mari kita sama-sama bersyukur kepada Allah , karena kita bisa merasakan nikmat, rohmat, dan hidayah nya sehingga kita bisa melaksanakan sholat jumat berjama’ah.
Hadirin kaum jumatan yang sedang berbahagia !
Al-Qur’an sebagai pedoman umat islam menganjurkan dan memerintahkan kepada semua umat islam supaya cepat bertaubat dan minta ampunan kepada Allah SWT , karena manusia tidak pernah lepas dari kesalahan dan kekeliruan. Kesalahan yang di sengaja atau tidak besar atau kecil Rasulullah s.a.w bersabda dalam hadistnya :
Kullu banii damakho uuna wakhoirulkhotthaa iinattawwaabuuna.
Artinya :
Setiap manusia itu pasti mempunyai kesalahan dan sebagus-bagusnya orang yang punya kesalahan yaitu orang yang mau meminta maaf /bertaubat kepada Allah.

MENUJU KE PINTU TAUBAT
MENUJU KE PINTU TAUBAT

Hadirin kaum jum’atan yang sedang berbahagia
Allah adalah zat yang maha Rohman dan maha Rohim kepada semua makhluk termasuk makhluk  seperti manusia salah satu makhluk yang mulia dan terhormat jika di bandingkan dengan makhluk-makhluk yang lain. Allah selalu membuka pintu taubat. Karena orang yang bertaubat dan meminta ampunan kepada Allah adalah salah satu jalan untuk menghapus kesalahan dan sekaligus untuk meraih atau memperoleh surga allah.
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an ;
Yaa ayyuhaal lladziina aamanuu taubuu ilaallaahi taubatan na tsuukhaan. ‘asarobbukum an yukaffiro ‘ankumsyyiaa tikumwayud khilakumjannatin tajriimin takhtihaa lanhaaru.

Artinya :
Hai….orang-orang yg beriman bertaubatlah kepada allah dan bertaubatlah dengan sungguh-sungguh sebab jika kau bertaubat tuhan akan menghapus kesalahan-kesalahanmu semua dan dimasukanlah semua ke surge, yg mengalir di bawah surga banyak bermacam-macam sungai/bengawan.

Hadirin kaum jum’atan yg berbahagia
Rosulullah Muhammad adalah salah satu nabi yang ma’sum yg tidak memiliki kesalahan dan dosa. Setiap hari dia tidak pernah lepas meminta ampunan dan beristighfar kepada Allah.
Apalagi anda semua dan saya termasuk orang yg tidak ma’sum di wajibkan untuk memperbanyak membaca istighfar, meminta ampunan kpd Allah. Nabi Muhammad s.a.w bersabda dalam haditsnya ;
Yaa ayyuhannaasu tuubuu ilaallaahi fainnii atuubu ilaihi filyaumi miiatamarrotin.
Artinya ;
Hai para manusia bertaubatlah kalian semua kepada Allah, dan aku bertaubat kepada Allah sehari seratus kali.

Sebanyak apapun dosa dan kesalahan jika kita mau bertobat dan meminta ampunan kpd Allah, pasti Allah akan mengampuni dosa kita semua.
Syarat-syarat taubat yang diterima kepada Allah yaitu ;
1.      Tekuni perbuatan-perbuatan yang sudah di jalani
2.      Niat bersungguh-sungguh tidak akan mengulangi dan langsung meninggalkan perbuatan-perbuatan kemarin
3.      Membaca istighfar secara lisan dan memohon maaf.
Syarat-syarat tadi Allah akan mengampuni kesalahan saya dan anda semua selama kita hidup di dunia ini.
Dalam hadist riwayat Bukhory muslim dari Abu Said Alkhudry di lukiskan bahwa nabi Muhammad saw, menceritakan keadaan taubat nasuha, ringkasan hadist tersebit adalah :
Salah satu orang berumur 99th dia meminta tolong kpd orang alim di dunia ini tentang perbuatanya kemarin, lalu orang tadi di beri saran oleh orang yang disuruh memanggil pendeta Yahudi yg termasyur di kalangan sana. Orang tua itu bertanya kapada Pendeta Yahudi apakah dosa-dosanya masih di ampuni oleh Allah dan apakah pintu taubat masih dibukakan untuknya.
Pendeta Yahudi pun menjawab bahwa Allah itu maha pemaaf dan apapun keadaan manusia sekarang dia akan tetap memaafkan dosa-dosa umatnya.
Dan Allah akan tetap menerima taubat seorang hambanya selagi hambanya itu terdorong naza’ ( nyawanya berada di tenggorokan )

Maka dari itu sekali lagi mari kita cepat-cepat bertaubat dan meminta ampunan kpd Allah dalam keadaan sehat dan dalam keaadan masih berusaha. Dan mari kita meminta kepada Allah semoga di beri taufik, hidayah sehingga kita bisa menjalani perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya sehingga akhir hayat kita bisa memperoleh khusnul khotimah.
Amin.


A’udzubiillaahiminassyaithoonirrojiim.
Innamaattaubatu ‘alallaahilillaadziinayaghmaluunassuu abijahaalatin summayatuubuuna minquriibin. Faluulaaika yatuubuullaahu ngalayhimwakaanaallahu ‘aliimaankhakiimaan. Walaysat ttaubatulilladziinaya’ maluunaassayyiaa tikhattaidzaroo khaduhumulmautu qoolainnii tubtul aanawalaailladziina yamuutuuna wahumkiffaru ulaaika a’tadznaa lahum ‘adzaabaan aliimaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar